70 Balita Idap HIV/AIDS

MANADO – Sebanyak 70 bayi di bawah lima tahun (Balita) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengidap Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) hingga Oktober 2014.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang dipublikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Manado, Sabtu (10/1/2015) menyebutkan jumlah bayi pengidap HIV/AIDS berumur satu-empat tahun sebanyak 41 orang, yang 20 orang di antaranya teridentifikasi HIV dan sisanya 21 orang mengidap AIDS.

Sementara itu jumlah bayi pengidap HIV/AIDS berumur satu tahun ke bawah berjumlah 29 orang, yang delapan kasus di antaranya adalah HIV dan sisanya 21 kasus adalah AIDS. “Kecenderungan terinfeksinya HIV/AIDS terhadap balita adalah diturunkan dari ibunya yang memang mengidap penyakit ini.

Penularannya bisa melalui air susu ibu yang diberikan kepada bayinya,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Sulut dr M Tangel-Kairupan di Manado.

Menurut dia, penularan dari ibu yang positif HIV ke anak disebut juga “mother to child transmissin” (MTCT), sehingga memerlukan penanganan khusus pada masa kehamilan hingga melahirkan.

Apabila tidak ada langkah pencegahan yang dilakukan terhadap ibu yang telah dinyatakan positif HIV, kata dia, maka anak yang dilahirkan berpeluang atau berisiko mengidap HIV. “Nah program untuk mengurangi risiko bayi yang dilahirkan terinfeksi HIV disebut juga dengan program prevention of mother to child transmission atau PMTCT. Program ini dimulai dengan mengetahui status kesehatan dan kehamilan seorang ibu,” ujarnya.

Hingga Oktober tahun lalu, angka pengidap HIV/AIDS di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencapai 1.651 orang. Bila dibandingkan dengan bulan September terjadi penambahan 10 kasus yang terdiri atas dua kasus HIV dan delapan kasus AIDS. Angka itu terdistribusi di Kabupaten Minahasa sebanyak empat kasus, Kabupaten Minahasa Selatan satu kasus, Kota Manado satu kasus, Kota Tomohon dua kasus dan Kota Bitung dua kasus.

Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki pengidap HIV/AIDS sebanyak 979 orang, yang teridentifikasi HIV sebanyak 268 kasus dan AIDS sebanyak 711 kasus, sementara perempuan sebanyak 672 kasus, di mana sebanyak 299 orang mengidap HIV dan sisanya 373 orang adalah AIDS.

sumber : Okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s