Kekasih Editor Majalah Charlie Hebdo Salahkan Polisi

PRANCIS – Ketika kekasihnya, Stephane Charbonnier, tewas dalam insiden penembakan di kantor majalah Charlie Hebdo, Jeannette Bougrab berduka. Bahkan, dia menyalahkan polisi Prancis karena melindungi para pelaku yang diduga merupakan kelompok ekstremis di Paris, Prancis.

Jeannette menyatakan sudah menduga kekasihnya akan meninggal, dan memintanya meninggalkan Prancis. Namun, Stephane Charbonnier -akrab disapa Charb- menolak permintaan tersebut.

“Kekasih saya tewas karena menggambar di surat kabar. Dia tidak pernah memiliki anak karena dia tahu akan mati. Dia hidup tanpa rasa takut, tapi dia tahu dia akan mati. Dia meninggal berdiri,” kata Jeannette, seperti dilansir Mirror, Sabtu (10/1/2015).

Perempuan 41 tahun ini bercerita, dia mengetahui Charb sudah tewas ketika tidak ada satu pun pesan dan telefonnya yang direspons. Dugaannya makin kuat ketika dia tiba di tempat kejadian, yakni polisi melarangnya masuk.

“Kemudian saya paham bahwa Charb sudah mati. Saya selalu tahu dia akan mati seperti Theo van Gogh (kartunis Belanda dibunuh pada 2004),” imbuhnya.

Pengacara keturunan imigran Aljazair ini mengecam polisi Prancis yang dianggap melindungi para pelaku penembakan. Bahkan, dia mengklaim bahwa negara pun ikut bersalah dalam insiden tersebut.

“Ada pesan kebencian (online) dan tidak ada yang berdiri untuk melindungi mereka. Itulah kenyataannya. Pembantaian bisa dihindari. Dan kita tidak berusaha melakukan itu,” imbuh perempuan yang dikenal sebagai pengkritik keras berbagai agama itu.

Stephane Charbonnier meninggal di usia 47 tahun. Dia merupakan editor dari majalah kontroversial Charlie Hebdo dan menjadi salah satu dari 12 korban penembakan di kantor tersebut beberapa hari lalu.

Sepanjang hidupnya, Charb dikenal dengan kutipan, “Saya lebih suka mati berdiri daripada hidup berlutut.”

sumber : Dani Perdana Sya’bani – Okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s